Selasa, 12 Januari 2016

Langkah Cara Belanja Gadget Aman Di Toko Online

Cara belanja gadget aman di toko online - berbelanja secara online di internet sekarang ini memang sudah bukan hal yang asing lagi karena banyaknya netizen yang membelanjakan uangnya via online. Alasan utamanya adalah karena kemudahan yang ditawarkan dan juga selisih harga antara toko online dengan toko konvensional. Jika dulu toko online yang kebanyakan menjual baju atau perlengkapan kecantikan, sekarang ini sudah banyak berbagai jenis barang yang bisa kalian temukan di toko online. Dari banyaknya barang yang dijual, perangkat gadget adalah yang terlaris mulai dari HP smarthphone, tablet, dan komputer atau laptop. Terkadang kalian akan menemukan harga yang lebih murah di toko online dari pada toko konvensional, dan inilah alasan mengapa banyak orang beralih berbelanja secara online dari pada offline. Belum lagi jika toko-toko online tersebut menawarkan diskon yang besar, sudah tentu akan ada banyak pembeli dalam periode tersebut. Hal ini bisa terjadi karena toko tersebut sudah bekerja sama dengan produsen yang berarti dapat memangkas biaya distribusi barang diskon.

Cara Belanja Gadget Aman di Toko Online
Cara Belanja Gadget Aman di Toko Online

Tapi tidak jarang pula kasus penipuan dan juga salah kirim barang seperti pengalaman salah satu pembeli yang hendak membeli iPhone namun yang diterima malahan sabun yang dibungkus bangkus. Ada lagi pembeli yang tadinya akan membeli PS4 namun malah mendapati pewangi pakaian ketika barang sudah sampai di rumah. Hal ini menyebabkan calon pembeli gadget masih enggan bertransaksi di toko online karena khawatir akan tertipu nantinya. Seharusnya kasus seperti ini tidak akan terjadi jika pembeli mencari informasi terlebih dahulu sehingga bisa terhindarkan dari penipuan. Lalu bagaimana cara berbelanja aman di toko online? Dibawah ini admin akan memberikan beberapa tips aman belanja gadget di toko online agar terhindar dari yang penipuan.

Cara Belanja Gadget Aman di Internet


  1. Belanja di toko online ternama dan memiliki reputasi bagus
    Langkah pertama yang harus dilakukan ketika ingin berberlanja di toko online adalah dengan mengunjungi situs yang sudah memiliki nama di internet maupaun di jaringan tv atau radio. Umumnya situs toko online yang sudah mempunyai nama seperti Bukalapak, Lazada, Tokopedia, Blibli, dan yang lainya menjadi pilihan banyak orang untuk dikunjungi karena mereka memperlakukan aturan yang wajib dipenuhi oleh penjual untuk mencegah oknum nakal. Terlebih lagi, beberapa toko online juga mempunyai sistem refund apabila barang tidak sampai atau tidak sesuai dengan harapan. Meskipun ada juga pembeli yang merasa tertipu karena ulah beberapa penjual yang nakal, toko online ternama akan selalu merespon dengan cepat, selama ada bukti transaksi barang antara penjual dan pembeli.
  2. Pastikan penjual memiliki reputasi bagus
    Perhatikan dan selektiflah sebelum membeli barang, pilih penjual (seller) yang sudah memiliki reputasi baik pada toko online ternama. Beberapa penjual dengan reputasi jelek biasanya akan diabaikan oleh kebanyakan pembeli, karena hal itu sebaiknya Anda harus jeli dalam memilih penjual terpercaya. Anda bisa mengecek rating dan beberapa review dari orang yang pernah membeli dari penjual tersebut. Apabila Anda menemukan banyak review yang positif, sudah pasti penjual tersbut bisa dipercaya.
  3. Lihat testimoni pembeli sebelumnya
    Langkah berbelanja gadget secara aman di toko online berikutnya adalah dengan melihat testimoni dari beberapa pembeli. Anda juga harus bisa mengira-ngira testimoni tersebut asli atau memang sengaja dibuat oleh penjual, karena tidak sedikit pula penjual yang melakukan trik memanipulasi testimonial untuk menambah popularitas bagi si penjual.
  4. Cermati layanan after sales
    Poin lain yang harus Anda perhatikan adalah layanan purna jual atau after sales. Seperti yang diketahui barang gadget merupakan barang yang rentan seperti masalah error pada sistem maupun kerusakan fisik. Sortir penjual mana yang memiliki layanan aftersales berupa garansi jika barang mengalami cacat. Perhatikan juga gadget tersebut apakah mempunyai garansi resmi atau hanya sekadar garansi distributor. Kadang Anda akan menemui gadget yang memiliki selisih harga yang jauh lebih murah dari penjual lain dan ternyata gadget tersbut adalah BM atau mungkin barang refurbished. Anda harus jeli membeli gadget yang benar-benar berkualitas sebelum menyesal dikemudian hari.
  5. Pilihlah gadget sesuai dengan kebutuhan
    Sebaiknya Anda juga harus bisa membatasi budget dengan membeli gadget yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pasalnya banyak orang akan tergoyahkan imanya akibat disuguhi banyaknya pilihan gadget dengan harga yang bervariasi. Oleh karena itu sebelum membeli gadget incaran, pastikan budget Anda cukup.
  6. Cek harga pasaran dan bandingkan
    Sebelum Anda memutuskan untuk membeli gadget incaran, bandingkan terlebih dahulu harga gadget dengan toko online lainya. Kadang di toko lain memberikan penawaran diskon namun setelah dicek harga diskon tidak berbeda dengan toko lainya dan bahkan toko lain bisa lebih murah karena memperlakukan ongkir gratis. Mencari tahu perbandingan harga di toko offline juga bisa Anda lakukan demi mendapatkan harga terbaik karena ongkir toko online bisa sangat mahal tergantung lokasi pembeli.

Mungkin itu saja informasi tentang cara belanja gadget dengan aman di toko online. Jika Anda mempraktekan apa yang ada diatas, mudah-mudahan gadget incaran bisa sampai dengan selamat sampai tujuan dan terhindar dari penipuan.

Sumber artikel dari situs www.lagitren.co
thumbnail
Judul: Langkah Cara Belanja Gadget Aman Di Toko Online
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Internet :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014. About - Sitemap - Disclaimer - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz